SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA IKAN GURAME BERBASIS WEB

Sistem pakar adalah system yang mendapatkan dan menyimpan pengetahun manusai kedalam komputer untuk menyelesaikan permasalah yang biasanya membutuhkan kepakaran seorang ahli. Sistem pakar digunakan sebagai alat untuk memecahkan persoalan yang bersifat analitis, interpretasi dan diagnostic sintetis dan integrasi.

Sistem pakar sangat bermanfaat bagi manusia sebagi alat untuk mendiagnosa penyakit pada manusia, hewan ataupun tumbuhan. Sistem pakar mempunyai keuntungan dibandingkan dengan seorang pakar, karena system pakar lebih bersifat fleksibel dan tak lekang oleh waktu, artinya system pakar dapat diakses setiap saat dan bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Sesuai dengan judul diatas, kali ini saya akan meringkas bahassan mengenai system pakar diagnose penyakit pada ikan gurame. Ikan gurame merupakan ikan asli dari perariran Indonesia, ikan merupakan sebuah komoditi makanan yang kaya akn protein. System pakar ini berguna untuk mengetahuiatau mendiagnosis penyakit dari ikan tersbut

Adapun beberapa beberapa faktor yang dapat menyebabkan ikan gurame terserang penyakit. Pertama dalah penyakit parasite, penyakit ini disebabkan oleh jasad renik berupa bakteri, jamur, virus dan lainnya.  Kedua adalah penyakit non-parasiter yaitu penyakit yang disebabkan kualitas media yang jelek atau budi daya yang salah.

            Dengan adanya system pakar yang berbasis web mengenai ikan gurame, diharapkan mampu mengidentifikasi penyakit agar penyebab kematiaanya dapat dideteksi sejak dini sehingga jumlah produksi ikan gurame semakin meningkat

            Dalam membangun sebuah perangkat lunak, perlu dilakukan perencannan yang baik sebelumnya untuk meminimalisir kesalahn, sedangkan penggalian mengenai penyakit mikan gurame harus konkrit, partisipasi pakar perikanan juga peternak gurame juga sangat dibutuhkan supaya dapat menggali lebih banyak informasi.

            Setelah tahap penggalian informasi selesai selanjutnya dalah menganalisis masalah dan mengaplikasikannya pada perangkat lunak, analisis yang dilakukan meliputi:

  • Analisis konten
  • Analisis tampilan pengguna
  • Dan analisis system pakar yang akan dibuat

Hal lain pada perangkat lunakadalah terdapatnya system pakar yang dapat mengidentifikasi penyakit ikan gurame dan memeberikan cara penanggulangannya.

Sumber : http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/44153/PKM-GT11-IPB-Asrori-Sistem%20Pakar%20Diagnosa—.pdf?sequence=1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s