BUNUH DIRI

Kejadian bunuh diri akhir-akhir ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, setidaknya dalam sepekan ini sudah terjadi 3 kasus bunuh diri yang terjadi, baru-baru ini ada seorang perempuan yang nekad mengakhiri hidupnya dengan cara melompat dari lantai empat sebuah mal di Jakarta.

bunuh diriMengapa fenomena ini bisa terjadi di kalangan masyarakat ? Banyak hal yang melatar belakangi mengapa seseorang dapat melakukan bunuh diri, mereka biasanya karena kesehatan mental mereka menurun, seperti defresi, stres, ataupun karena tuntutan ekonomi. Di Indonesia kemiskinan bukanlah hal yang biasa tiap tahun angka kemiskinan meningkat tajam, hal ini juga yang menjadi factor kenapa orang melakukan bunuh diri.Dari sekian banyak orang yang bunuh diri, kebanyakan dari mereka adalah remaja karena kondisi remaja yang masih sangat labil, mereka mudah trpengaruh terhadap sesuatu hal karena remaja adalah masa dimana mereka mencari jati dirinya, mereka mudah defresi. Tetapi menurut psikolog dari Universitas Indonesia, mereka yang bunuh diri adalah orang-orang yang mencari perhatian, mereka ingin di saksikan oleh orang lain.

Sekarang bagaimana caranya untuk mencegah kejadian ini, setidaknya mengurangi kejadian orang bunuh diri dari pada banyak orang yang melakukannya. Hal pertama adalah meningkatkan kinerja pemerintah dalam mengurangi kemiskinan, menurut saya dengn hal itu maka kejadian bunuh diri akan berkurang. Dari segi agama juga akan mempengaruhi, karena dengan banyak orang yang beriman atau lebih paham tentang agama seseorang akan terhindar untuk melakukan bunuh diri.

Terinspirasi dari tayangan televisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s