APAKAH BENAR TIDUR SORE MEMPENGARUHI MENTAL ANAK

Tidur merupakan kegiatan kita sehari-hari, setelah kita melakukan banyak aktivitas di pagi dan siang hari, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga sehingga membuat badan kita lemas dan kelelahan. Untuk menghilangklan kelelahan biasa kita istirahat pada malam hari atau tidur, pada anak-anak biasanya suka ada tidur siang atau sore, hal ini disebabkan oleh fisik anak yang belum kuat seperti orang dewasa.

Taukah anda bahwa tidur sore dapat mempengaruhi mental pada anak-anak, apakah anda percaya dengan hal itu. Banyak faktor yang membuat anak harus tidur pada sore hari, ada dari perintah orang tua yang menuntut anak untuk tidur sore, ada juga dari factor anak yang kelelahan setelah banyak beraktivitas.

Satu kajian terbaru mendapatkan, aktivitas tidur sore dapat mengganggu pertumbuhan mental anak-anak, demikian penelitan terbaru yang diketuai Dr. John Harsh dan timnya dari Universitas Southern Mississippi, baru-baru ini.

Penelitian yang dilakukan terhadap 738 anak-anak yang berusia dua tahun ke atas mendapatkan, anak-anak, khususnya yang tidur sore terbukti sukar tidur malam dan gagal memainkan puzzle dan ketrampilan organisasi.

Dari penelitian didapatkan akibat tabiat tidur mereka itu, didapati tidur malam 39 menit lebih lembat daripada rekan sebaya yang tidak tidur siang/sore. “Anak-anak yang tidur sore bukan saja susah tidur malam, tetapi sukar bangun pada keesokan harinya,” ujar Dr. Alyssa Cairns saat mempresentasikan hasil penelitian itu pada Associated Professional Sleep Societies di Minneapolis.

Kajian ini juga didukung penelitian oleh Dr. Kazuhiko Fukuda, dari Universiasi Fukushima yang dikutip New Scientist pada edisi terbaru.

Seorang lagi peneliti Amerika, Dr Joe McNamara dari Universitas Florida, melakukan penelitian terhadap 27 anak-anak TK yang diukur dengan kemahiran mereka memecahkan permainan ‘puzzle.’“Anak-anak yang banyak tidur siang hanya dapat menyelesaikan sedikit teka-teki. Semakin lambat mereka tidur malam, semakin kurang daya kecakapan mental mereka. Tidur siang tidak dapat dijadikan pengganti kepada tidur malam,” katanya.

Nah setelah banyak ahli yang meneliti tentang dampak dari tidur sore, apakah para orang tua akan tetap menyuruh anaknyauntu tidur sore. Ini tergantung pada penilaian masing-masing apakah percaya atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s